BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Disadari atau tidak,
menurunnya kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama. Walaupun
seorang guru sudah berbuat yang terbaik menurut prosedur yang ada tanpa
dukungan dari berbagai pihak, niscaya tujuan pendidikan tidak akan tercapai
dengan baik. Di sinilah kita perlu memadukan antara faktor lingkungan dengan
faktor alami berupa potensi yang dimiliki anak itu sendiri.
Faktor potensi anak
yang tak kalah pentingnya adalah minat belajar anak-anak yang kurang memiliki
minat dalam belajar, maka akan menunjang suatu sikap dan prilaku yang membias
dari anak normal lainnya. Misalnya saja anak sering membolos, tidak antusias
dalam belajar, sering membuat kegundahan dalam kelas, pessimis, agresif dan
sering memberontak. Hal semacam ini akan teraplikasikan pada pencapaian tujuan
pembelajaran yang menurun atau prestasinya menurun.
Olehnya itu, penulis
berinisiatif untuk mengkaji lebih mendalam melalui kegiatan penelitian ini yang
erat kaitannya dengan masalah minat dan perhatian belajar anak, dalam
mempelajari mata pelajaran IPA-Biologi yang akan berpengaruh langsung maupun
tidak langsung terhadap prestasi yang dicapainya.
B. Rumusan Masalah
Bertolak dari latar belakang di atas, maka penulis
membatasi diri untuk mengkaji variabel-variabel yang ada dalam bentuk rumusan
masalah yang menjadi fokus perhatian dan penelitian ini. Adapun rumusan masalah
yang penulis maksudkan adalah:
1. Bagaimanakah tingkat minat dan perhatian belajar
siswa, khususnya mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Labuang Baji I Makassar.
2. Bagaimanakah tingkat prestasi belajar siswa,
khususnya mata pelajaran IPA-Biologi pada pada SDN Labuang Baji I Makassar.
3. Bagaimanakah hubungan antara minat dan perhatian
dengan prestasi belajar siswa, khususnya mata pelajaran IPA-Biologi SDN Labuang
Baji I Makassar.
C. Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini, adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui tingkat minat dan perhatian
belajar siswa mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Labuang Baji I Makassar.
2. Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa
mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Labuang Baji I Makassar.
3. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara
minat dan perhatian belajar dengan prestasi belajar IPA-Biologi siswa SDN
Labuang Baji I Makassar.
D. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang
akan diperoleh melalui penelitian ini antara lain:
1. Dengan mengetahui tingkat minat dan perhatian
belajar siswa menjadi sumber informasi bagi seorang guru untuk lebih
menumbuh-kembangkan minat belajar siswanya.
2. Dengan mengetahui tingkat minat dan perhatian
belajar siswa menjadi sumber iklim yang kondusif agar anak secara leluasa dapat
mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya.
3. Diharapkan semua dapat lembaga yang terkait dalam
bidang pendidikan agar dapat memperbaiki sistem yang ada supaya anak dapat
mencapai tingkat perkembangan yang optimal.
4. Sebagai salah satu bahan referensi bacaan yang
dapat dijadikan sumber informasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi dalam mengembangkan ilmu pengertahuan dan teknologi pada umumnya dan
penelitian pada khususnya.
E. Hipotesis Penelitian
Berdasarkan
dari rumusan masalah dan pengkajian terhadap literatur yang relevan, maka
ditarik suatu hipotesis, dimana hal ini dimaksudkan sebagai pengarah, pedoman
dan tuntunan dalam pelaksanan pengumpulan maupun pengolahan data penelitian,
baik data di lapangan maupun data melalui literatur. Adapun hipotesis yang
dimaksud adalah: “Terdapat hubungan yang signifikan antara minat dan perhatian
dengan prestasi belajar IPA-Biologi siswa SDN Labuang Baji I Makassar”.
0 komentar:
Posting Komentar